jenis kompresi data

Didalam image procesing , dibutuhkan pemahaman Jenis-jenis Kompresi Gambar . Berikut jenis-jenis kompresi data

A. JPEG

JPEG didirikan oleh komite Joint Photographic Expert Group yang mengeluarkan standar pada tahun 1992. JPEG menetapkan standar yaitu codec. Codec menjelaskan tentang bagaimana sebuah gambar dikompresi menjadi aliran byte dan decompressed kembali menjadi sebuah gambar serta digunakan sebagai streaming untuk file yang berisi.

Algoritma kompresi JPEG merupakan yang terbaik untuk foto-foto dan lukisan pemandangan yang realistis dengan variasi warna yang halus dan nada. Pada web, JPEG sangat populer dimana bandwidth digunakan untuk foto yang penting. JPEG / Exif juga format yang paling umum untuk kamera digital. Kompresi yang umum pada JPEG adalah lossy, yaitu beberapa kualitas visual akan hilang dalam proses dan tidak dapat dikembalikan. Terdapat juga penjalinan “Progresip JPEG” format, pada data yang dikompresi dalam melewati beberapa detail yang makin tinggi.

Metode kompresi lossy data dari encoding ketika diterapkan untuk input yang memiliki 24 bit per pixel (masing-masing delapan untuk merah, hijau dan biru). Metode pertama dari metode kompresi losy data adalah transformasi warna, adapun langkah pertama adalah – langkahnya adalah mengubah gambar dari RGB menjadi berbagai warna ruang (YCbCr). Y (kecerahan dan piksel), Cb dan Cr (Chrominance / biru dan merah komponen). Ruang warna YCbCr konversi memungkinkan kompresi lebih besar tanpa perceptual signifikan terhadap kualitas gambar (atau lebih besar perceptual kualitas gambar yang sama untuk kompresi).

Langkah selanjutnya adalah untuk mengurangi resolusi spasial dari komponen Cb dan Cr disebut dengan downsampling atau subsampling chroma.

B. BMP

Bitmap atau BMP adalah representasi citra grafis dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Ukuran untuk n-bit (2n warna) bitmap dalam byte dapat dihitung: ukuran file BMP, dimana tinggi dan lebar dalam pixel.

Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan resolusi, yang menunjukkan ketajaman gambar yang ditampilkan serta ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom misalnya 1024×768. komputer menerjemahkan bitmap menjadi pixel pada layar agar dapat menampilkan citra bitmap pada monitor serta menerjemahkan bitmap menjadi titik tinta pada printer agar dapat mencetak citra bitmap.

C. GIF

GIF (Graphics Interchange Format) adalah bitmap format gambar yang diperkenalkan oleh CompuServe pada tahun 1987. Format ini mendukung hingga 8 bit per pixel yang memungkinkan satu gambar untuk referensi palet sampai 256 pilihan warna berbeda dari 24-bit warna RGB ruang. GIF juga mendukung animasi yang memungkinkan setiap frame terpisah dari 256 palet warna.

GIF merupakan gambar yang menggunakan kompresi Lempel-Ziv-Welch (LZW), lossless data compression adalah teknik untuk mengurangi ukuran file tanpa menurunkan kualitas visual, Dipatenkan pada tahun 1985. Perizinan atas kesepakatan antara pemegang hak paten, Unisys dan CompuServe di tahun 1994 menjadi sebuah kontroversi namun karena terinspirasi pembangunan Portable Jaringan Graphics (PNG) standar maka kontroversi pun berakhir.

Keuntungan penggunaan GIF diantaranya cocok sebagai tajam seni baris (seperti logo) dengan sejumlah warna, menyimpan rendah warna sprite data permainan, animasi kecil dan resolusi rendah-klip film sedangkan kerugian penggunaannya adalah tidak umum digunakan sebagai format untuk fotografi digital. GIF adalah palet berdasarkan apapun palet pilihan dari salah satu jutaan corak dalam bingkai 256.

D. TIFF

TIFF (Tagged Image File Format) adalah format file untuk menyimpan gambar, foto dan seni baris. Pada awalnya dibuat oleh perusahaan Aldus yang kemudian disebut “desktop publishing”, format TIFF secara luas didukung dengan gambar-aplikasi manipulasi serta penerbitan dan tata letak halaman aplikasi, oleh scanning, Faxing, Pengolah kata, karakter optik pengakuan dan aplikasi lainnya. Sekarang dikendalian oleh Adobe Systems.

Adobe Systems, yang diperoleh Aldus, sekarang memegang hak cipta TIFF ke spesifikasi. Sejak tahun 1992 tidak terjadi perubahan besar pada TIFF, meskipun beberapa Aldus / Adobe telah menerbitkan catatan teknis dengan ekstensi kecil untuk format, dan beberapa spesifikasi, termasuk TIFF / EP berdasarkan TIFF 6,0 spesifikasi.

TIFF juga fleksibel, karena mengadaptasi format file yang menangani gambar dan data dalam satu file, termasuk dengan judul tag (ukuran, definisi, gambar-data pengaturan, diterapkan kompresi gambar) mendefinisikan gambar geometri. Misalnya, TIFF dapat menangani file kontainer kompresi JPEG dan RLE (berjalan-Encoding panjang) gambar. TIFF juga merupakan vector yang berbasis Kliping path (digariskan, croppings, gambar frame). TIFF dapat membuat file gambar yang berguna sebagai arsip karena kemampuannya dalam menyimpan data gambar di lossless.

E. PNG

PNG (Portable Network Graphics) adalah format gambar bitmap yang menggunakan kompresi data lossless. PNG diciptakan untuk meningkatkan sekaligus menggantikan GIF (Graphics Interchange Format) sebagai format file gambar yangt tidak memerlukan lisensi hak paten. PNG juga mendukung palet berbasis (palet 24-bit RGB warna), abu-abu atau gambar RGB serta untuk mentransfer gambar di Internet.

Dalam hal kompresi, PNG menggunakan non-paten lossless kompresi data (metode menurunkan), algoritma yang digunakan juga pada zlib kompresi perpustakaan. Metode yang mengkombinasikan prediksi di mana untuk setiap baris gambar memiliki filter yaitu metode memprediksi warna setiap piksel berdasarkan warna dan piksel sebelumnya dengan mengurangi prediksi warna piksel dari warna sebenarnya.

Sumber :http://cloudinformatika.blogspot.co.id/2013/03/open-save-file-dialog-image-processing.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: