Pemimpin Inspirative

Pemimpin Inspirative

By Didik Nugroho, M.kom

pemimpin idaman

Inspirasi merupakan kata yang bisa diartikan sebagai suatu pandangan ke depan / ilham. Dengan pandangan kedepan ini maka seseorang , organisasi atau perusahaan akan berkembang. Maka dalam suatu organisasi sangat diperlukan seorang pimpinan yang memiliki kemampuan memberikan inspirasi bagi para bawahannya. Inspirasi itu tidak hanya berupa stimulasi  atau kadang tidak diwujudkan hanya dalam bentuk verbal tapi juga berupa serangkaian contoh tindakan tindakan nyata, mimik wajah . Jadi inspirasi tidak hanya sekedar motivasi  tapi merupakan perpaduan pengalaman, pengetahuan dan semangat yang didasari keinginan untuk mencapai tujuan.

Seorang pemimpin akan memiliki kemampuan inspirative jika ia memiliki tujuan, punya pengalaman dan punya pengetahuan sehingga mampu memunculkan kreativitas-kreativitasnya. Dengan kemampuan pemimpin yang seperti ini akan memberikan motivasi dan inspirasi bagi bawahannya untuk lebih giat bekerja dan tentu juga tumbuh kreativitas-kreativitas  dalam bekerja sehingga tujuan bersama dari perusahaan / organisasi akan tercapai.

Maka supaya seseorang dapat menjadi pemimpin yang baik maka harus menguasai kemampuan diri sendiri dan kemampuan lain yang berkaitan dengan orang yang dipimpinnya.  Kemampuan diri sendiri seperti  kemampuan mengerti siapa dirinya, apa yang akan dilakukan, apa tujuannya, bagaimana ia memberikan inspirasi dan bagaimana ia  mencapai tujuannya .

Kemampuan lain yang berkaitan dengan orang yang dipimpinnya  dapat terdapat 6 unsur dasar yang melekat pada seorang pemimpin yang inspirative

  1. Genuinely care about their people ( Kepedulian pimpinan pada orang lain / bawahan)

Kepedulian seorang pimpinan ditunjukan bagaimana ia bersikap terhadap orang lain atau bawahannya. Kepedulian ini kadang tidak perlu terucap dalam bahasa verbal tapi menjadi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Contoh seorang pemimpin yang mampu merasakan kesulitan bawahanya , beliu juga mampu memberikan solusinya. Tanpa perlu bertanya banyak pada bawahan

Contoh pemimpin yang taat beribadah serta menjaga kebersihan sehari-hari, atau selalu tepat waktu , konsiten dengan kebijakannya.

  1. Involve every body

Dalam memimpin sorang pemimpin akan membutuhkan bantuan orang lain. Maka seorang pemimpin dalam memimpin akan mampu mengkoordinasi pada staft-stafnya tanpa membeda-bedakan tapi disesuaikan sesuai profesi dan kemampuan mereka. Seorang pemimpin juga harus mampu memotivasi sehingga  setiap staf akan merasa dilibatkan untuk mencapai tujuannya.

  1. Show lots of appreciation

Seorang pemimpin harus mampu memberikan appresiasi atas keberhasilan staftnya , bentuk appresiasi bisa  berbentuk material dan  pujian /  sanjungan . Namun pujian atau sanjungan ini harus jangan samapai membuat bawahaan marasa sombong. Maka diperlukan kemapuan seorang pemimpin dalam   penyampian apresiasi dengan bahasa dan cara yang baik sehingga terus mampu memotivasi bawahan.

  1. Ensure work is fun

Seorang pemimpin  harus merasa sengan dengan pekerjaannya, Ia harus mampu menikmat pekerjaanya dengan baik dan optimal . Prilaku pemimpin seperti ini akan memberikan inspirasi bagi bawahannya.

  1. Show real trust

Seorang pemimpin harus mampu memberikan kepercayaan kepada staft sesuai dengan tanggungjawabnya.  Dengan pemberian kepercayaan ini maka para staft akan mampu membuat inspirasi dan inovasi . Seorang pemimpin juga harus mampu memperkirakan apa yang akan dicapai oleh para staftnya.

  1. Listen a lot

Seorang pemimpin harus mampu mendengar dengan baik apa yang dibutuhkan oleh orang yang dipimpinnya kemampuan mendengar ini juga tidak perlu diucapkan dalam bentuk verbal saja tapi juga non verbal.

Referensi

Fatchiah e kertamuda, Pemimpin yang  menginspirasi , sloops, selasa 3 agustus 2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: